ANALISINDO : MEMPELAJARI MASALAH ENGINEERING LEBIH DALAM DAN DETAIL

Daftar Gas Berbahaya Part-1

Daftar Gas Berbahaya Part-1


Kalau sebelum sebelumnya kita sudah membahas tentang pencemaran udara, cara pemilihan lokasi sampling dan lain-lain. Maka nyambung juga kalau kita berbicara tentang gas-gas berbahaya yang ada di udara.

Selain 13 parameter yang diwajibkan dipenuhi oleh standar baku mutu udara ambient, ternyata daftar gas berbahaya yang harus dihindari ada lebih dari itu.

Mau tau apa saja gas berbahaya tersebut? Mari kita bahas bersama :

1. Ammonia
kenapa gas bisa disebut berbahaya adalah karena mengandung ammonia
Akibat yang ditimbulkan Keterpaparan Ammonia

Senyawa yang memiliki Rumus NH4 ini adalah salah satu gas yang mesti kita hindari. Walau secara alami ammonia itu sendiri dapat dihasilkan dari kegiatan ekskresi mahluk hidup, namun dalam kadar yang tinggi ammonia dapat menjadi suatu gas yang berbahaya.

Efek dari keterpaparan gas ammonia dalam tingkat akut akan menyebabkan kesulitan pernapasan dan sensasi terbakar pada tenggorokan. Selain itu, sifat dari gas ammonia itu sendiri adalah corrosive, maka bila sampai terhirup dapat menyebabkan kerusakan pada organ dalam manusia.

Lihat Juga : Jasa Sampling Gas terbaik dan Termurah

2. Carbon Monoksida
Coba periksa kenapa Anda bisa lemas karena gas berbahaya
Dampak Keracunan Carbon Monixida

Carbon monoksida, adalah salah satu gas yang dianggap paling berbahaya di dunia ini. Anggapan ini terjadi karena karakteristik fisik dari carbon monoksida yang tidak berbau dan berwarna, sehingga sulit untuk dedeteksi keberadaanya.

Carbon monoksida jugalah, alasan dari beberapa peristiwa kematian akibat dari tidur didalam kendaraan menyala yang tertutup rapat.

Carbon monoxida, dapat mengikat oksigen didalam darah sehingga membuat darah tidak dapat memberikan asupan oksigen kepada seluruh tubuh yang membuat tubuh menjadi lemas dan akhirnya tidak sadarkan diri.

Dalam tingkat yang lebih rendah, gas ini dapat membuat kita menjadi pusing, sakit kepala, berkunang-kunang dan bisa membuat kita hilang ingatan.

Lihat Juga : Jenis-jenis Pencemaran Udara

3. Sulfur Dioksida

Sulfur dioksida adalah gas berbahaya yang banyak dihasilkan dari pembakaran batu bara dan bahan bakar fosil. Kita juga menemukan gas ini cukup banyak dihasilkan oleh proses peleburan logam (tembaga, alumunium, seng, timbal dan besi).

Sulfur Dioksida merupakan gas tidak berwarna namun memiliki bau yang menyengat, sehingga lebih muda untuk menghindari keracunan akibat menghirup gas yang satu ini.

Dampak dari keterpaparan atau keracunan Gas Sulfur Dioksida ini adalah batuk-batuk, rasa panas pada mata, dan sensasi terbakar pada kulit.

Lihat Juga : 8 Metode Pengujian Udara Ambien

4. Nitrous Oxide
gas emisi juga dihasilkan dari udara bebas

Ketika gas nitrogen dilepaskan ke udara bebas dan bertemu dengan Oxygen, maka disanalah Nitrous Oxide terjadi.
Walaupun oleh EPA (Environmental Protection Agency) disebutkan sebagai gas yang memiliki tingkat bahaya rendah, namun dalam konsentrasi yang tinggi keberadaan NOx ini dapat mengganggu keberadaan oksigen di udara yang dapat berakibat pada terjadinya kekurangan oksigen.

Oh iya sekedar intermezzo, Nitrous Oxide ini juga ternyata dapat kita temukan dalam obat Viagra juga yang dipercaya mampu menjaga keperkasaan laki-laki hahaha..

5. Total Fluoride

Flouride dapat ditemukan di udara dalam bentuk Hidrogen Fluoride ataupun silicon tetra fluoride dan tidak jarang juga ada dalam bentuk partikel debu.

Keterpaparan terhadap flouride tidak memberikan efek negatif secara langsung kepada tubuh. Namun efeknya lebih kepada jangka panjang. Sebuah studi yang dilakukan oleh Kaj Roholm pada tahun 1937 memperlihatkan bahwa keterpaparan terhadap zat ini akan menyebabkan kerusakan pada struktur tulang. Karena flouride diserap oleh tubuh dan akan masuk kedalam jaringan tulang.

Sekian Daftar Gas Berbahaya di Part-1 ini, mudah-mudahan kita dapat bertemu pada postingan selanjutnya.

https://plus.google.com/+AnggiNurbana



Anggi Nurbana

About Anggi Nurbana

Penulis adalah seorang Ahli dalam bidang pembuatan installasi Water dan Waste Water Treatment. Saat ini penulis telah mendesain lebih dari 32 system water dan waste water treatment di Indonesia. Penulis juga aktif dalam forum internasional dalam topik water and waste water treatment. Penulis dapat dihubungi via email : [email protected]