ANALISINDO : MEMPELAJARI MASALAH ENGINEERING LEBIH DALAM DAN DETAIL

Daftar Gas Berbahaya Part-2

Daftar Gas Berbahaya Part-2 

gas sulfur dioxide , chlorine dan cyanogen termasuk ke dalam gas berbahaya



Hallo selamat datang pada postingan bagian kedua tentang daftar gas berbahaya yang harus dihindari dan diminimalisir. Kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang beberapa gas seperti Ammonia, Sulfur Oksida, Carbon Monoksida, Flouride, Nitrous oxida dengan beberapa gambaran karakterisitik dan bahayanya.

Kali ini kita akan membahas beberapa list tambahan lainnya. Yang dalam list ini gasnya walaupun jarang ditemukan di udara bebas, namun memiliki tingkat bahaya yang jauh lebih tinggi dari pada daftar sebelumnya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari kita bahas saja sekarang :

6. Chlorine Diokside
apakah Anda harus mencari gas berbahaya dengan mudah



Chlorine diokside adalah gas yang berwarna kuning kemerahan yang dengan cepat dapat menghilang di udara. Karena sifatnya yang sangat berbahaya chlorine diokside selalu hanya digunakan ditempat dimana mereka dibuat. Fasilitas bleaching pabrik kertas, dan instalasi water treatment adalah beberapa contoh diantaranya.

Chlorine diokside ketika bertemu dengan air maka akan berekasi menjadi ion Kaporit yang sangat ampuh dalam membunuh mikroorganisme. Sehingga banyak sekali installasi water treatment di seluruh dunia yang menggunakannya untuk proses desinfeksi air.

Keracunan terhadap gas ini akan menyebabkan iritasi pada mulut dan mata, dan dalam jangka panjang akan membuat seseorang menjadi steril (Tidak bisa memiliki keturunan) selain itu bisa juga menghambat pertumbuhan otak pada anak. Oleh karenanya untuk installasi yang menggunakan air dari PDAM yang mengandung Chlorine, disarankan untuk di aerasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar sisa chlorine dapat terlepas ke udara.

Lihat Juga : Pengenalan Jenis-jenis Dust Collector

7. Hydrogen Sulfida




Hydrogen Sulfida adalah gas yang tidak berwarna namun memiliki bau yang sangat busuk seperti telur busuk. Gas ini dapat ditemukan di rawa-rawa dimana terjadi pembusukan ataupun bisa juga ditemukan pada tambang.

Dalam kadar yang rendah (dibawah 5 ppm), tubuh manusia masih dapat mentoleransi keberadaan dari Hydrogen sulfida. Namun ketika berada diatas ambang batas, maka tubuh kita akan keracunan seperti keracunan akibat Carbon Monoksida yang mana tubuh menjadi lemas dan mata berkunang kunang.

Lihat Juga : 5 Faktor Yang Mempengaruhi Proses Sampling Gas

8. Vinyl Chloride
Sumber Gambar : dec.ny.gov

Vinyl Chlorida banyak sekali digunakan untuk memproduksi pipa PVC yang banyak kita gunakan sekarang. Sekitar 13 Juta ton Vinyl Chloride dihasilkan oleh dunia industri setiap tahun.
Selain dari industri, zat ini juga dapat dihasilkan dari degradasi pipa PVC oleh air yang bersifat asam.
Keracunan terhadap Vinyl Chloride dapat menyebabkan sesak napas, pusing dan pingsan. Keterpaparan dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan penyakit paru-paru.

Lihat Juga : Daftar Gas Berbahaya Part-1

9. Methyl Mercaptan


Methyl Mercaptan adalah gas yang termasuk ke dalam gas yang mudah terbakar. Gas ini tidak berwarna namun kita dapat mendeteksinya lewat bau busuk yang dihasilkannya. Biasanya gas methyl mercaptan ini digunakan untuk memberikan bau khas pada produk pestisida ataupun bahan bakar fosil.

10. Gas Cyanogen

Gas ke sepuluh ini bernama Cyanogen. Gas Cyanogen ini dihasilkan dari reaksi antara Merkuri Cyanida ataupun Potassium Cyanida.

Gas ini termasuk gas yang berbahaya karena memiliki sifat racun yang cukup mematikan, karena menghirup gas ini dalam kadar yang kecil saja mampu memberikan efek yang berbahaya dari mulai mual muntah hingga kematian instan.

Nah itu dia 5 lagi daftar gas berbahaya.. Mudah-mudahan kita dapat menambah daftar ini dikesempatan berikutnya.

https://plus.google.com/+AnggiNurbana


Sampai Jumpa



Salam Lingkungan,


Mr. Anggi Nurbana

Anggi Nurbana

About Anggi Nurbana

Penulis adalah seorang Ahli dalam bidang pembuatan installasi Water dan Waste Water Treatment. Saat ini penulis telah mendesain lebih dari 32 system water dan waste water treatment di Indonesia. Penulis juga aktif dalam forum internasional dalam topik water and waste water treatment. Penulis dapat dihubungi via email : [email protected]