ANALISINDO : MEMPELAJARI MASALAH ENGINEERING LEBIH DALAM DAN DETAIL

Jenis-Jenis Pencemaran Udara


salah satu solusi untuk udara yang tercemar adalah adanya kebutuhan kebaikan

Udara yang bersih dan sehat adalah syarat dari terciptanya kehidupan yang sehat pula. Namun dewasa ini pertumbuhan pendudukan dan banyaknya aktifitas industri membuat udara disekitar kita, bukannya menjadi bertambah bagus tapi justru sebaliknya.

Definisi Pencemaran Udara

Jika mengikuti definisi dari peraturan pemerintah, khususnya Nomor 41 tahun 1999. Disebutkan bahwa pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukannya zat, energi dan atau komponen lain ke dalam udara ambien oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara ambien turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan udara ambien tidak dapat memenuhi fungsinya.

Nah dari definisi diatas, tentu kita melihat bahwa yang dijadikan tersangaka utama dari pencemaran udara tidak lain dan tidak bukan ternyata adalah manusia. Kalau mendengar pernyataan tadi, saya jadi teringat dengan satu ayat yang artinya akan berbunyi sebagai berikut :

“Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan akibat perbuatan tangan (maksiat)[1] manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” [ar-Rûm/30:41]

Beuh benar ya sobat analisindo, bahwa kebanyakan memang manusialah penyebab segala kerusakan, bukan hewan, bukan tumbuhan tapi manusia. Salah satu pencemaran atau kerusakan yang terjadi adalah pencemaran udara.

bagaimana cara mengetahui jenis pencemar


Tapi apakah benar begitu, bahwa hanya manusialah penyebab terjadinya kerusakan atau pencemaran udara?

Tentu jawabnya adalah tidak, karena selain dari manusia ada jenis pencemaran udara lainnya yang memang terjadi karena adanya siklus alam. Hal ini disebut sebagai pencemaran udara alami.

Pencemaran udara alami terjadi ketika terjadi suatu keadaan yang natural yang mengakibatkan adanya partikulat ataupun zat pengotor masuk ke udara. Beberapa contoh pencemaran udara alami adalah seperti terjadinya asap tebal akibat kebakaran hutan (Yang terbakar alami), terjadinya debu berterbangan akibat adanya gunung meletus dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 5 Tips dalam Memilih Lokasi Sampling Udara

2 Jenis Pencemaran Udara Berdasarkan Sumber Utama


Untuk lebih memperjelas tulisan ini, sebenarnya secara mudah kita dapat menggolongkan pencemaran udara menjadi dua bagian, yakni :

1 Pencemaran Udara Alami


Pencemaran udara alami adalah masuknya zat-zat kimia ataupun fisik (Partikulat) kedalam sistem udara kita yang disebabkan adanya aktifitas atau bencana alam seperti gunung meletus, kebakaran hutan, badai pasir dan lain sebagainya.

Pencemaran udara alami ini biasanya hanya berlangsung secara temporer saja atau sementara, yakni ketika insiden terjadi.

2 Pencemaran Udara Non Alami

Pencemaran udara non alami ini dapat disebut sebagai pencemaran udara yang terjadi akibat adanya campur tangan manusia.

Sumber dari pencemaran udara non alami ini sendiri dapat kita temukan dari banyak hal, beberapa diantaranya adalah :

- Pembakaran Bahan bakar fossil seperti bau bara dan minyak bumi

- Pembuangan gas hasil pembakaran besi dan baja

- Pembuatan bahan kimia seperti asam sulfat dan asam klorida

- Penimbunan sampah

- Dan masih banyak lagi.


Lihat Juga : Daftar gas Berbahaya Part-2

Jenis Penemaran Udara Berdasarkan Klasifikasi WHO


Selain dari dua jenis pencemaran udara yang kita singgung tadi, ternyata badan kesehatan dunia juga telah menetapkan 4 tingkatan pencemaran udara yang semuanya diberikan tingkatan berdasarkan efeknya pada manusia :

1 Pencemaran Udara Tingkat Pertama


Yakni Jenis pencemaran yang terjadi namun tidak sampai menimbulkan kerugian bagi manusia. Pencemaran ini kemungkinan dicontohkan seperti pembakaran di rumah tangga yang menimbulkan asap masakan.

2 Pencemaran Udara Tingkat Kedua

Untuk tingkat kedua dari Jenis pencemaran udara menurut WHO adalah ketika pencemaran udara itu telah menimbulkan dampak negatif yang cukup ringan bagi manusia secara langsung. Salah satu contohnya adalah debu berterbangan akibat adanya aktifitas pembangunan.

Lihat Juga : 5 Faktor yang mempengaruhi Hasil Sampling Gas

3 Pencemaran Udara Tingkat Ketiga

Jenis Pencemaran Udara ketiga adalah ketika pencemaran dapat memberikan akibat yang fatal bagi manusia namun tidak sampai mengakibatkan kematian. Contohnya adalah pencemaran udara akibat rokok, yang walaupun berbahaya namun tidak memberikan efek kematian instan.

4 Pencemaran Udara Tingkat Keempat


Jenis pencemaran udara tingkat keempat menurut WHO adalah ketika adanya zat yang masuk ke udara dan mengakibatkan kematian atau sakit parah pada yang menghirupnya baik itu manusia, hewan atau pun tumbuhan.


kami bisa membantu Anda melakukan Analisa Udara

Jenis Pencemaran Udara Menurut Area Terpapar


Untuk Area terpaparnya sendiri setidaknya ada 3 jenis pencemaran udara yang dapat kita klasifikasikan.

1 Pencemaran Udara Local

Adalah suatu jenis pencemaran udara yang terjadi pada suatu area kecil tertentu saja. Biasanya hanya terjadi pada suatu tempat kecil seperti rumah ataupun workshop.

2 Pencemaran Udara Regional

Adalah suatu jenis pencemaran udara yang terjadi pada suatu daerah yang cukup luas dan merata. Salah satu contohnya adalah kebakaran hutan yang terjadi dipulau sumatra pada 2016 silam yang mengakibatkan kepulan asap yang menyesakan dada pada banyak daerah di Indonesia maupun Malaysia.

3 Pencemaran Udara Global

Adalah pencemaran udara yang diakibatkan oleh aktifitas secara global oleh manusia, baik aktifitasnya itu sendiri ataupun dampaknya. Salah satu pencemaran udara global yang tengah kita tangani bersama adalah kenaikan gas metana ke udara. Yang kesemuanya kebanyakan adalah melalui campur tangan manusia.

Lihat Juga : Jasa Sampling Udara dan Gas

Nah sobat, itu dia jenis-jenis pencemaran udara. Masih banyak hal yang ingin sekali saya bagikan dan diskusikan seputar lingkungan dan analisa di blog ini, tapi apa daya sudah waktunya bekerja.

So stay tune dan tongkrongin terus analisindo.com ya. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya.

https://plus.google.com/+AnggiNurbana


Salam Lingkungan



Mr. Anggi Nurbana

Anggi Nurbana

About Anggi Nurbana

Penulis adalah seorang Ahli dalam bidang pembuatan installasi Water dan Waste Water Treatment. Saat ini penulis telah mendesain lebih dari 32 system water dan waste water treatment di Indonesia. Penulis juga aktif dalam forum internasional dalam topik water and waste water treatment. Penulis dapat dihubungi via email : [email protected]