ANALISINDO : MEMPELAJARI MASALAH ENGINEERING LEBIH DALAM DAN DETAIL

Pengenalan Macam-Macam Proses Water Treatment

Pengenalan Macam-Macam Proses Water Treatment


Water Treatment Plant sendiri bisa kita bagi menjadi beberapa cabang, antara lain :

1. Clean Water Treatment Plant

Tipe yang pertama, adalah tipe water treatment plant yang biasa kita temukan dimana mana. Salah satunya adalah PDAM atau PAM Jaya. Tujuan dari Clean Water Treatment ini sesuai dengan namanya. Yakni sebuah proses untuk menghasilkan air bersih atau air yang sesuai dengan parameter air bersih.

Biasanya prosesnya akan berpaku pada Proses Fisika yang cukup banyak dengan sedikit proses kimia.

2. Waste Water Treatment Plant
Waste Water Treatment Plant adalah Plant yang berfokus untuk mengolah Air limbah hingga bisa dibuang ke lingkungan dan masuk ke dalam parameter baku mutu.
Terkadang, WWTP juga include sebuah proses agar air limbah tersebut bisa kembali digunakan.

3. Pure/Demin Water Treatment Plant
Proses Water Treatment yang ini memiliki tujuan air yang dihasilkan nantinya memiliki parameter yang jauh lebih bagus dari pada sebuah Clean Water Treatment. Dimana beberapa parameter utama yang biasa disorot adalah TDS/Conductivity, TSS dan Hardness.
Proses Pure Water Treatment biasanya akan melibatkan salah satu diantara dua jagoan. Yakni Reverse Osmosis ataupun Demin (Ion Exchange).


4. Boiler Water Treatment Plant
Kalau Proses Water Treatment yang satu ini, sudah jelas bertujuan untuk mendapatkan air yang sesuai dengan target parameter Boiler Feed Water.
Biasanya target parameter hanya akan ada di area Clean Water (Standar Baku Mutu Air Bersih) dengan tambahan pengaturan pH dibelakang proses.

Oh iya, terkadang kita juga menemukan penambahan Anti Scalant dan Anti Rust.


5. Ultra Pure Water Treatment Plant
Nah ini yang terakhir, Proses Ultra Pure Water Treatment banyak dipakai di perusahaan Farmasi ataupun perusahaan Jasa Analisa. Tujuannya jelas, untuk mendapatkan air yang benar-benar murni tanpa adanya zat lain yang terikut didalamnya.

Biasanya dikategorikan Ultra Pure Water ketika TDS yang diminta dibawah 1 mg/L.

Proses Ultra Pure Water Treatment biasanya akan menggunakan EDI ataupun Mixed Bed Demin system.

Jadi secara mudah, air yang sudah dihasilkan oleh RO atau Demin Ion Exchange sebagai Pure Water selanjutnya diproses kemudian dengan EDI atau Mixbed Resin.

Nah Demikian Sedikit pengenalan tentang macam-macam proses water treatment.

Mudah-mudahan dapat dengan mudah dicerna oleh pembaca. Dan saya juga mohon maaf kalau kurangnya gambar2. Sebab saat ini saya juga sedang mengumpulkan mood untuk menulis hehehe.

Anggi Nurbana

About Anggi Nurbana

Penulis adalah seorang Ahli dalam bidang pembuatan installasi Water dan Waste Water Treatment. Saat ini penulis telah mendesain lebih dari 32 system water dan waste water treatment di Indonesia. Penulis juga aktif dalam forum internasional dalam topik water and waste water treatment. Penulis dapat dihubungi via email : [email protected]