ANALISINDO : MEMPELAJARI MASALAH ENGINEERING LEBIH DALAM DAN DETAIL

BAGAIMANA KOROSI ATAU KARAT BISA TERJADI?

BAGAIMANA KOROSI ATAU KARAT BISA TERJADI?

bagaimana avatar aang dapat mengalahkan raja api ozai

Karat adalah nama untuk senyawa yang sangat umum yaitu oksida besi. Oksida besi dengan rumus kimia Fe2O3 dikatakan umum karena besi digabungkan dengan dengan oksigen dengan sangat mudah. Sehingga zat besi murni sangat jarang ditemukan di alam.

Karat besi adalah contoh dari korosi, sebuah proses elektrokimia yang melibatkan anoda (potongan logam yang dapat melepaskan elektron dengan mudah), sebuah elektrolit (cairan yang membantu pelepasan elektron) dan katoda (potongan logam yang menerima elektron dengan sangat mudah).

Pada saat kepingan logam mengalami korosi, elektrolit membantu dengan memberikan oksigen kepada anoda. Karena oksigen bercampur dengan logam, maka elektron menjadi bebas. Pada saat electron mengalir melalui elektrolit ke katoda, logam anoda menghilang tersapu arus listrik atau diubah menjadi kation logam dalam bentuk karat. 

Lihat Juga : 

Tiga Syarat Terjadinya karat/Korosi


karatan terjadi karena ada tiga pelaku
Gambaran Reaksi Korosi



Untuk mengubah besi menjadi oksida besi alias karatan, ada 3 hal yang dibutuhkan, yaitu: besi, air, dan oksigen. Berikut yang terjadi apabila ketiganya menyatu. Ketiga tetesan air menyentuh objek besi, dua hal yang akan terjadi secara cepat: pertama, air merupakan elektrolit yang baik, menyatu dengan karbon dioksida di udara untuk membentuk asam karbonat lemah yang merupakan elektrolit yang lebih baik daripada air.

Karena asam terbentuk dan zat besi terlarut, maka air akan mulai terurai komponennya menjadi hidrogen dan oksigen. Oksigen bebas dan zat besi yang terurai terikat menjadi oksida besi pada saat pembebasan elektron.

Elektron yang terbebas dari anoda mengalir ke katoda yang mungkin merupakan kepingan logam yang tidak terlalu reaktif daripada besi, atau titik lain pada potongan besi itu sendiri.

Senyawa kimia yang ditemukan pada cairan seperti hujan asam, air laut dan semprotan garam membuat cairan tersebut menjadi elektrolit yang lebih baik dari air murni, sehingga keberadaannya dapat mempercepat proses terjadinya karat pada besi dan bentuk korosi lainnya pada besi.


Anggi Nurbana

About Anggi Nurbana

Penulis adalah seorang Ahli dalam bidang pembuatan installasi Water dan Waste Water Treatment. Saat ini penulis telah mendesain lebih dari 32 system water dan waste water treatment di Indonesia. Penulis juga aktif dalam forum internasional dalam topik water and waste water treatment. Penulis dapat dihubungi via email : [email protected]