ANALISINDO : MEMPELAJARI MASALAH ENGINEERING LEBIH DALAM DAN DETAIL

PERBEDAAN FLASH POINT DENGAN IGNITION TEMPERATURE

PERBEDAAN FLASH POINT DENGAN IGNITION TEMPERATURE

Perbedaan ini dapat terlihat dari simbol bahayanya
Bahan kimia yang memiliki flash point rendah biasanya memiliki Symbol seperti ini



Ada berbagai cara atau metode dan aturan yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan suatu zat untuk menyala atau terbakar. Diantaranya adalah flash point dan ignition temperature. Meskipun kelihatannya sama, namun kedua hal tersebut adalah berbeda.


Definisi Flash Point


Flash Point adalah titik suhu terendah dimana sebuah zat menguap dan berubah bentuk menjadi gas yang dipengaruhi oleh faktor eksternal atau api didalam memulai proses pembakaran. Ada dua cara yang digunakan dalam mengukur flash point, yaitu: open cup dan closed up.

Percobaan flash point dengan metode open cup dilakukan dengan meletakkan bahan percobaan yang dibakar di dalam wadah yang terbuka dan suhu ruangan di dalam wadah sama dengan suhu di luar wadah. 

Kemudian suhu ruangan tersebut secara berlahan akan meningkat dan bahan percobaan yang dibakar akan berlahan mati di titik puncak dari interval tersebut. Hal tersebut terjadi dikarenakan pembakaran dari zat atau sumber pembakaran telah mencapai flash point.

Percobaan flash point yand kedua adalah dengan metode closed up dilakukan dengan meletakkan bahan percobaan yang dibakar di dalam wadah yang tertutup rapat. Bahan percobaan tersebut tidak terpapar oleh zat atau suhu yang berada diluar wadah yang dapat mengganggu hasil akhir dari percobaan. 

Cara ini akan menghasilkan titik terendah dari flash point karena panas yang dihasilkan benda terperangkap di dalam wadah. Dikarenakan dianggap menghasilkan titik yang paling rendah dari flash point, hasil dari percobaan ini dianggap paling aman penggunaannya dalam lingkup yang lebih luas dan secara umum lebih dapat diterima.

Prosedur standar yang digunakan dalam melakukan uji flash point diantaranya adalah ASTM D92, D93 dan D56.




Definisi Ignition Temperature

Untuh Keamanan Anda bisa membuat suatu temperature yang bagus
Definisi dalam bahasa inggris untuk Ignition Temperature

Berbeda dengan flash point, ignition temperature tidak membutuhkan sumber pembakaran. Dengan kata lain, ignition temperature adalah titik suhu terendah dimana material atau zat akan menguap menjadi gas tanpa bantuan dari faktor eksternal atau sumber pembakaran. Hal itu menyebabkan hasil dari percobaan iginition temperature akan lebih tinggi daripada flash point. 


Secara khusus, ignition temperature diukur dengan meletakkan bahan percobaan ke dalam wadah ukuran setengah liter dan kemudian dimasukkan ke dalam oven yang memiliki pengatur suhu. Prosedur standar yang digunakan dalam pengetesan ini dapat ditemukan didalam ASTM E659.

Kedua metode tersebut, baik itu flash point maupun ignition temperature adalah hal yang penting dilakukan dalam menentukan sifat-sifat alami suatu zat, namun bukan menjadi hal yang paling mendasar. 

Kedua metode tersebut adalah hasil yang berdasarkan atas pengalaman dari percobaan-percobaan laboratorium yang dikumpulkan dan bervariasi berdasarkan alat yang digunakan, metode yang dipilih dan kondisi lingkungan sekitar tempat dimana percobaan itu dilakukan.

Lihat Juga :

Anggi Nurbana

About Anggi Nurbana

Penulis adalah seorang Ahli dalam bidang pembuatan installasi Water dan Waste Water Treatment. Saat ini penulis telah mendesain lebih dari 32 system water dan waste water treatment di Indonesia. Penulis juga aktif dalam forum internasional dalam topik water and waste water treatment. Penulis dapat dihubungi via email : [email protected]