ANALISINDO : MEMPELAJARI MASALAH ENGINEERING LEBIH DALAM DAN DETAIL

VISUAL INSPECTION SEBAGAI TEKNIK NDT

VISUAL INSPECTION SEBAGAI TEKNIK NDT


Inspector sedang memeriksa alat dari keretakan atau kecacatan



VISUAL INSPECTION


Visual Inspection adalah metode yang umum digunakan dalam quality control, akusisi data, dan analisa data. Visual Inspection memiliki arti sebagai inspeksi atau pemeriksaan yang dilakukan terhadap sebuah peralatan atau struktur dengan menggunakan salah satu atau semua indra manusia seperti penglihatan, pendengaran, peraba, penciuman dan/atau peralatan inspeksi non-khusus. Inspeksi yang menggunakan peralatan seperti ultrasonic, x-ray, infra merah, dll pada umumnya tidak digolongkan sebagai Visual Inspection karena metode inspeksi ini memerlukan peralatan, pelatihan, dan sertifikasi khusus.




Visual Inspection Pada Non Destructive Test


Visual Inspection adalah teknik NDT yang paling tua dan paling umum. Menurut NDT training & Test Center, biasanya Visual Inspection dilakukan sebagai langkah pertama dalam proses inspeksi untuk memeriksa berbagai bentuk, seperti pencetakan, penempaan, komponen mesin dan elemen pengelasan.

Visual Inspection merupakan yang paling murah dan lebih mudah pengaplikasiannya dibanding teknik yang lain, dan juga sering digunakan untuk menentukan apakah perlu atau tidak dilakukannya inspeksi lanjutan dengan menggunakan teknik yang lain. Beberapa industri yang menggunakan Visual Inspection antara lain, struktur baja, otomotif, petrokimia, pembangkit listrik, dan kedirgantaraan.

Pengertian Visual Inspection


Menurut sebuah laporan dari Departemen Perhubungan Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat yang berjudul “Visual Inspection Research Project Report on Benchmark Inspection”, dikatakan bahwa Visual Inspection adalah sebuah proses pemeriksaan dan evaluasi dari sebuah sistem dan komponen dengan menggunakan sistem sensorik manusia yang hanya dibantu dengan penyempurnaan mekanis terhadap masukan sistem sensorik seperti kaca pembesar, dental pick, stetoskop, dan sejenisnya. Proses inspeksi biasanya dilakukan dengan cara melihat, mendengar, merasakan, mencium, menggoncang, dan memutar. Hal ini mencakup komponen kognitif dimana pengamatan dikorelasikan dengan pengetahuan tentang struktur dan dengan deskripsi dari literatur layanan.

Metode NDT Lainnya Yang Menggunakan Visual Inspection


Metode NDT lainnya memerlukan intervensi visual untuk menafsirkan gambar yang diperoleh saat melakukan pemeriksaan. Hal ini dapat menyimpulkan bahwa pada titik yang sama, semua metode NDT akan memerlukan Visual Inspection.

Sebagai contoh adalah pengujian dengan menggunakan penetran cair yang menggunakan pewarna sehingga dibutuhkan kemampuan inspektur untuk mengidentifikasi indikasi permukaan secara visual. Pengujian partikel magnetik juga termasuk pada kategori yang sama. Teknik radiografi juga memerlukan penilaian visual dari inspektur untuk mengetahui tingkat kelayakan objek yang sedang diuji.

Visual Inspection biasanya dilakukan pada posisi-posisi dimana teknik NDT lainnya juga perlu diterapkan, atau area dimana alat bantu mekanis dan optik dapat memberikan hasil pemeriksaan yang lebih baik.


Syarat-syarat Yang Dibutuhkan Dalam Visual Inspection


Didalam sebuah naskah mengenai Visual Inspection, The American Welding Society (AWS) menjelaskan tentang syarat-syarat dalam melakukan Visual Inspection terbagi atas tiga area, yaitu:

· Penglihatan inspektur

· Jumlah cahaya yang jatuh pada sampel, yang mana diukur dengan menggunakan pengukur cahaya.

· Apakah pandangan terhadap area yang diuji tersebut tertutup atau tidak.



Peralatan Mekanikal dan Optik Yang Digunakan Dalam Visual Inspection


Peralatan mekanikal atau optik dibutuhkan dalam melakukan Visual Inspection. Peralatan-peralatan yang dimaksud antara lain:

· Boroscope

· Kaca pembesar

· Mikrometer

· Cermin

· Cahaya ultra-violet

Tech Service Products menawarkan semua peralatan ini didalam catalog NDT-nya.

NDT Training & Test Center merekomendasikan bahwa sampel yang diuji harus memiliki pencahayaan dan penerangan yang cukup serta memiliki permukaan yang bersih. Karena semakin kecilnya jarak antara spesifikasi dan toleransi, sehingga peralatan mekanikal dan optik sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan keakuratan penglihatan oleh inspektur.

Terlepas dari kemajuan teknologi NDT, Visual Inspection akan terus menjadi teknik atau cara yang diandalkan oleh banyak industri untuk memastikan bahwa quality control dilakukan dengan sangat baik.

Lihat Juga :
1. Jasa NDT Terbaik
2. Perbedaan Flash Point dan Ignition Temperature
3. Tips Merawat Genset agar awet
4. Jenis-Jenis Panel Listrik
5. Perusahaan Water Treatment

Anggi Nurbana

About Anggi Nurbana

Penulis adalah seorang Ahli dalam bidang pembuatan installasi Water dan Waste Water Treatment. Saat ini penulis telah mendesain lebih dari 32 system water dan waste water treatment di Indonesia. Penulis juga aktif dalam forum internasional dalam topik water and waste water treatment. Penulis dapat dihubungi via email : [email protected]